North-Star Metrics, Apa Tim Saya Perlu?

brown and black milky way

Agar perusahaan Anda mengalami potensi pertumbuhan penuhnya, Anda perlu mengidentifikasi North-Star Metric-nya.

North-Star Metrics membantu perusahaan bergerak melewati pertumbuhan jangka pendek dan fokus untuk menciptakan pertumbuhan pelanggan jangka panjang yang sustainable.

Apa sih North-Star Metric itu?

North-Star Metrics (NSM) adalah nama lain untuk suatu indikator yang paling penting — ini adalah indikator khusus yang paling menjelaskan nilai bisnis utama yang diberikan produk Anda kepada pelanggan. Berupaya untuk mengoptimalkan North-Star Metrics di seluruh perusahaan Anda adalah kunci untuk mendorong pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan.

Berikut adalah beberapa contoh North-Star Metrics dari perusahaan yang dikenal:

  • WhatsApp: Jumlah pesan yang dikirim pengguna
  • Facebook: Pengguna Aktif Harian
  • Quora: Jumlah pertanyaan yang dijawab pengguna
  • Airbnb: Jumlah Malam yang terpesan

Bagaimana North-Star Metrics dapat memengaruhi perusahaan Anda?

Berhasil mengidentifikasi North-Star Metrics bisa menjadi perbedaan antara menjadi perusahaan yang hebat atau biasa saja. Dengan memperhatikan data ini, juga akan membantu Anda memahami pelanggan dan produk dengan lebih baik.

Di industri social network, salah satu yang membuat Myspace gagal dan Facebook berhasil sangat erat kaitannya dengan North-Star Metrics yang menjadi fokus mereka. Myspace fokus pada pengguna terdaftar — sebuah vanity metric — sebagai North-Star mereka. Pada saat itu, Facebook fokus pada Pengguna Aktif Bulanan (Monthly Active User) sebagai North-Star nya. Perbedaan fokus ini lah yang membuat Facebook berhasil dan Myspace gagal.

Aplikasi media sosial memang harus mengetahui perubahan dalam jumlah pengguna terdaftar (acquisition). Tetapi Myspace tidak berkembang karena mereka terlalu fokus pada hal itu. Jumlah Pengguna Terdaftar hanya menunjukkan siapa yang mendaftar, tetapi tidak menggambarkan apakah mereka mendapat manfaat dari menggunakannya. Pengguna yang merasa produknya kurang berguna akan segera berhenti menggunakannya (churn). Dengan melacak Pengguna Aktif Bulanan (Monthly Active User), Facebook dapat memantau perubahan dalam jumlah pengguna dan melihat pengguna mana yang merasa platform-nya bermanfaat.

Untuk mengidentifikasi North-Star Metrics produk Anda dengan benar membutuhkan pemahaman mengenai pelanggan Anda; apa yang mereka harapkan dari produk Anda dan bagaimana mereka menggunakan produk ini untuk mendapatkan kegunaannya. Dengan informasi itu, Anda dapat melakukan pengembangan produk yang lebih baik untuk membantu mereka mendapatkan manfaat yang dicari, menurunkan tingkat churn, serta meningkatkan pertumbuhan pengguna.

Cara mengidentifikasi North-Star Metrics Anda

Seperti yang disebutkan sebelumnya, untuk mengidentifikasi North-Star Metrics Anda dengan benar membutuhkan pemahaman mengenai pelanggan. Untuk melakukan ini, periksa bagaimana pengguna aktif dan pelanggan setia menggunakan produk Anda. Memahami hal ini akan membantu Anda mengidentifikasi metric terbaik mana yang mewujudkan pertumbuhan positif di bidang ini.

memahami pengguna anda
Menggali North star metrics yang tepat

Berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menentukan North-Star Metrics untuk produk Anda:

  • metric harus menunjukkan dengan jelas bahwa pengguna Anda mendapatkan manfaat dari produk
  • Mencerminkan keterlibatan dan aktivitas pengguna di dalam produknya
  • Menunjukkan bisnis menuju ke arah yang benar (sesuai dengan business model yang dipilih)
  • Idealnya, metric harus mudah dipahami dan dikomunikasikan lintas tim.

Meskipun penting, jangan sampai jatuh ke dalam perangkap bahwa Anda harus memiliki North-Star Metrics yang sempurna. Apa yang Anda coba temukan di sini adalah metric yang paling masuk akal untuk difokuskan pada seluruh bisnis. Mungkin butuh beberapa iterasi untuk akhirnya menemukan yang tepat.

Bisakah Memiliki lebih dari satu North-Star Metrics?

Meskipun pada umumnya North-Star Metrics berjumlah satu, sulit bagi setiap departemen dan tim untuk memahami bagaimana mereka dapat memengaruhi metric itu. Itulah sebabnya setiap departemen harus mengidentifikasi North-Star Metrics turunan mereka sendiri yang mendukung North-Star Metrics pada perusahaan.

North-Star Metrics yang dipilih dengan benar seharusnya bisa mewakili aktivitas setiap departemen, tim dan karyawan di perusahaan Anda.

Setelah perusahaan anda berhasil mengidentifikasi North-Star Metrics , cobalah untuk memahami tindakan apa yang harus dilakukan oleh setiap anggota perusahaan untuk mendapatkan tren metric ke arah positif. Setiap departemen harus mengidentifikasi North-Star Metrics nya sendiri untuk bisa selalu fokus, serta tetap berusaha mencari metric pendukung tambahan.

Ya, dengan memiliki North-Star Metrics, bukan berarti anda menjadi tidak perlu untuk melakukan tracking terhadap indikator lainnya. Seringkali, untuk mendapatkan korelasi yang masuk akal, akan dibutuhkan metrics turunan. Anda tetap harus melakukan analisa terhadap indikator low-level tersebut. Sementara North-Star Metrics digunakan sebagai acuan high-level untuk level strategis.

Apakah North-Star Metrics Anda pernah berubah?

Penting untuk mengetahui bahwa North-Star Metrics perlu berubah ketika perusahaan tumbuh dan industri berkembang.

pengguna menggunakan aplikasi jejaring sosial
Pengguna jejaring sosial semakin aktif

Facebook adalah contoh yang bagus untuk ini. Pada hari-hari awal Facebook, Pengguna Aktif Bulanan (Monthly Active User) adalah North-Star Metrics mereka. Seiring waktu berlalu, pesaing datang, dan industri berubah. Facebook menyadari hal itu, dan mereka perlu terus bersaing untuk tetap relevan. Kemudian, Pengguna Aktif Harian (Daily Active User) menjadi North-Star Metrics baru mereka. Bahkan setelah datangnya pesaing sengit seperti Snapchat dan Tiktok, North-Star Metrics Facebook pun berubah lagi menjadi Pengguna Aktif Per Jam (Daily Active User).

Seiring pertumbuhan dan perubahan perusahaan dan industri Anda, bersiaplah untuk memodifikasi North-Star Metrics Anda sehingga selalu sesuai dengan tuntutan industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *